KUNJUNGAN USKUP KE PAROKI SANTO PAULUS WELESI


Minggu – 7 Mei 2017 menjadi hari istimewa bagi seluruh umat Paroki Welesi, karena hari ini umat mendapat kunjungan dari Bapa Uskup Leo L. Ladjar OFM. Segala sesuatu dipersiapkan dengan baik, mulai dari acara penjemputan, perayaan Ekaristi hingga pada acara rama-tamah. Umat sangat antusias menyambut kunjungan ini, sejak hari sabtu pagi sebagian besar umat dari Stasi Okilik dan Tiga Kapela Wilayah Walaik sudah tiba di pusat paroki. Mereka datang lebih awal agar dapat mengambil bagian dalam segala persiapan yang diperlukan.
Agenda utama kunjungan Uskup kali ini ialah melantik DPP masa bakhti 2017-2020. Upacara pelantikan ini diadakan dalam perayaan ekaristi. Uskup yang didampingi Pastor Paroki dalam homilinya mengajak semua umat terutama mereka yang akan dilantik untuk menempatkan Yesus sebagai Gembala utama sambil mencontoh cara hidup-Nya sebagai gembala yang baik. Diakhir homilinya Uskup mengajak seluruh umat untuk berdoa bagi panggilan khusus (imam dan biarawan/ti), beliau juga mengajak umat untuk mendoakan lima seminaris asal Paroki Welesi, agar kelak ada imam-imam dari paroki ini.
Dalam perayaan ekaristi yang dimulai tepat pukul 10:00 WIT ini, sebanyak 35 anggota DPP dilantik, dan bersama Penggerak KBG serta Pengurus Stasi dan Kapela mendapat berkat untuk menjalani tugas pelayanan selama kurang lebih tiga tahun ke depan. Setelah upacara pelantikan dan doa perutusan dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan berita acara oleh pengurus lama dan baru, disaksikan oleh Uskup.
Setelah perayaan ekaristi dan upacara pelantikan DPP berakhir, dilanjutkan dengan acara ramah-tama di halaman gereja. Bapak Yohanes Asso yang dilantik sebagai ketua pelaksana harian dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh umat yang telah megambil bagian dalam menyukseskan kegiatan ini mulai dari pembekalan hingga pada upacara pelantikan. Senada dengan itu, Pastor Paroki juga mengucap terima kasih kepada tokoh umat yang dengan caranya masing-masing memberi sumbangsih sehingga acara bisa berjalan lancar. Secara khusus ucapan terima kasih ditujukan kepada OMK dan WKRI yang setia membantu di bagian konsumsi.
Hadir juga dalam acara ramah-tama ini Dekan Dekanat Peg. Tengah, RD. Kornelis B.Kopon. dalam kesempatan itu, dekan menyampaikan proficiat kepada DPP yang baru dilantik, sambil memberi pesan agar senantiasa membangun kerjasama dengan pastor paroki agar program-program yang telah dirancang boleh berjalan. Sementara Uskup dalam sambutannya mengapresiasi partisipasi umat paroki Welesi yang terus bertumbuh dari tahun ke tahun. “setiap kali saya kunjungan ke paroki ini, umat terus bertambah dan semakin semangat dalam hidup menggereja” ucap Uskup yang langsung disambut dengan sorak riang dan tepuk tangan gembira dari umat memadati halaman gereja. Pada akhir sambutannya Uskup mengajak umat untuk lebih serius  memperhatikan masalah pendidikan yang menjadi masalah umum di daerah pegunungan tengah. Perhatian itu dimulai dari keluarga-keluarga. Orang tua hendaknya menjadi contoh bagi pendidikan karakter anak, menjamin pendidikan foramal dan mengusahakan asupan gisi yang memadai bagi perkembangan daya pikir anak.
Disela-sela sambutan, Uskup dan para tamu undangan dihibur oleh tarian adat dari umat Tiga Kapela Wilayah Walaik. Penampilan mereka menyedot perhatian, karena tarian yang dibawakan mengisahkan situasi umat di wilayah ini yang bertahun-tahun merindukan pelayanan rutin dari Pastor Paroki. Dengan menyerahkan Noken Kosong, Kapak Batu, Busur Anak Panah, dan Gelang Perhiasan kepada Bapa Uskup, umat Walaik menaruh harapan agar kiranya Uskup sebagai pemimpin keuskupan berkenan menetapkan status Tiga Kapela Wilayah Walaik  menjadi  Stasi Walaik. Seluruh rangkaian acara ditutup dengan makan siang bersama./OyanArso


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apakah IPTEK itu selalu sejalan dengan iman kita.?

F I L S A F A T T E K N O L O G